Berita

Elektabilitas Anies Melesat, Relawan Yakin AMIN Jadi Pilihan Warga Jawa Timur

Lembaga survei Indo Riset melalui survei terbarunya yang dirilis Senin 25 September 2023 menemukan elektabilitas Bakal Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan mengalami kenaikan pesat.
Dari survei yang dilakukan anggota Persepi (Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia) itu, suara Anies naik di basis utama suara Ganjar dan Prabowo. Di Jawa Timur, suara Anies melonjak dari 12,8% pada Agustus 2023 menjadi 22,2% di bulan ini.
Terkait hasil survei teranyar tersebut, Ketua Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Jawa Timur Isa Ansori mengemukakan survei-survei yang kini menunjukkan elektabilitas Anies dan Gus Muhaimin (AMIN) yang naik signifikan di Jawa Timur menjawab sekaligus membantah kekhawatiran publik bahwa Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi titik lemah pasangan AMIN.
“Dengan masuknya Gus Muhaimin dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi energi tambahan bagi AMIN untuk bisa diterima masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah,” terang pria berkacamata ini, Selasa 26 September 2023.
“Bagi relawan Anies di Jawa Timur, ini saat tepat untuk terus bekerja sekaligus memotivasi untuk lebih giat melakukan kerja-kerja kerelawanan, karena kerja relawan masih sekitar lima bulan lagi menjelang pilpres 14 Februari 2024. Relawan bisa berkolaborasi dengan partai pengusung NasDem, PKB, dan PKS sekaligus menerjemahkan isu-isu yang dibutuhkan masyarakat masing-masing daerah untuk pemenangan AMIN,” ujar Isa Ansori.
Dengan demikian, kata dia, relawan Anies di Jawa Timur, bisa merawat elektabilitas Anies terus naik dan tetap tinggi hingga jelang pilpres 2024. “Ini sebetulnya tantangan, karena modal suara parpol pada pileg 2019 itu 33,1%. Maka, kalau naik, elektabilitas AMIN harus naik melampaui modal dasar suara parpol pengusung AMIN. Menurut saya, modal dasar ini bisa menjadi titik pijak. Kalau dua minggu setelah deklarasi AMIN di Surabaya, elektabilitasnya melesat, hasil sementara ini bisa menjadi faktor bagi AMIN untuk bisa diterima sebagian besar masyarakat Jawa Timur, Jawa Tengah, dan keseluruhan Pulau Jawa lainnya,” terang Isa Ansori.
“Relawan harus menjadikan ini sebagai titik pijakan dan motivasi untuk menjawab kebutuhan riil masyarakat di Jawa Timur. Misalnya relawan Anies di Banyuwangi-Jawa Timur membuat tagline AMIN menghentikan impor beras, AMIN membantu subsidi pupuk murah bagi petani. Sementara di Kota Surabaya, relawan Anies punya tagline nitip anak-cucu supaya dapat layanan pendidikan berkualitas dan layanan kesehatan gratis. Ini juga diterjemahkan oleh teman-teman relawan di Madura ke dalam Bahasa Madura,” papar Isa Ansori.
Menurut Isa, relawan Anies menerjemahkan kerja-kerja AMIN ke dalam tagline sesuai kebutuhan masing-masing daerah di Jawa Timur dilakukan untuk menunjukkan bahwa kehadiran AMIN bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur.
Sumber : kumparan.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...