Berita

PKB Usul Ubah Nama Koalisi Anies-Cak Imin, PKS: Sabar

Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Ahmad Mabruri mengatakan, soal usul perubahan nama koalisi pengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 akan dibahas bersama. “Masalah nama, nanti duduk bareng saja bagaimana baiknya,” kata dia saat dihubungi Tempo, Ahad, 10 September 2023.

Sebelumnya usul perubahan nama koalisi pendukung Anies-Cak Imin dilontarkan oleh Wakil Ketua Dewan Syuro PKB Maman Imanul Haq. Menurut dia, nama koalisi yang diusulkan adalah Pembaruan Berkelanjutan.

Seperti diketahui selama ini partai pengusung Anies Baswedan memberi nama kerja sama politik mereka dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Koalisi ini saat itu diisi oleh Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat. Belakangan, Partai Demokrat hengkang setelah menganggap pemilihan bakal cawapres yaitu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dilakukan tanpa melibatkan mereka.

Menurut Mabruri, tak perlu terburu-buru untuk melakukan perubahan nama koalisi. Yang lebih penting, kata dia, adalah menyiapkan langkah pemenangan pasangan Anies-Cak Imin. “Yang penting kerja dan langkah taktisnya untuk pemenangan,” katanya.

Mabruri meminta kesabaran soal perubahan nama koalisi itu. “Sabar,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Maman Imanul Haq mengatakan pihanya mengusulkan nama baru koalisi penyokong Anies-Cak Imin, yakni pembaruan berkelanjutan.

Menurut Maman, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar siap melanjutkan program Presiden Joko Widodo atau Jokowi. “Selama program itu bagus. bagi kami yang sudah baik, kami teruskan dan perkuat,” ujar Maman di Tuban, jawa Timur pada Sabtu, 9 September 2023.

Menurut Maman, PKB akan selalu menjaga, menghormati, dan menghargai apa pun yang sudah baik dilakukan oleh siapa pun pemimpin pendahulu di Indonesia.

“Kami hormati capaian-capaian yang didapatkan oleh Pak Jokowi di infrastruktur dengan hubungan internasional. Akan tetapi, kami harus bereskan kembali pada kebinekaan,” katanya.

Selama ini, menurut anggota Komisi VIII DPR itu, ada kebiasaan yang kurang baik. Setiap ganti rezim atau pemerintahan, pasti ganti kebijakan. Bidang pendidikan, misalnya, pergantian rezim diikuti pergantian kurikulum hingga anggaran.

PKB telah masuk dalam koalisi partai pengusung Anies Baswedan bersama NasDem dan PKS setelah sang ketua umum Muhaimin Iskandar didapuk jadi bakal cawapres Koalisi Perubahan. Sebelumnya di Koalisi Perubahan terdapat Partai Demokrat, namun mereka akhirnya hengkang karena merasa tak diajak bicara soal pemilihan Muhaimin sebagai bacawapres Anies.

Adapun Muhaimin Iskandar sebelumnya mengatakan bahwa diksi perubahan atau al-muhafadhotu ada dalam kaidah Nahdlatul Ulama (NU).

Hal itu diungkapkan Cak Imin saat disinggung mengenai nama koalisi bersama Partai NasDem dan PKS, yaitu Koalisi Perubahan. Menurut dia, perubahan adalah sesuatu yang harus. Sama seperti kaidah NU yang mengharuskan selalu lebih baik dari sebelumnya.

“Jadi di NU itu perubahan ada kaidahnya, di NU itu yang disebut perubahan al-muhafadhotu ‘ala qodimis sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah (menjaga tradisi lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik),” ujar Cak Imin di Sekretariat PB PMII, Jakarta, Rabu lalu.

Sementara itu, dia mengatakan nama koalisi PKB bersama Partai NasDem dan PKS masih terus didiskusikan. Kendati demikian, nama koalisi di antara ketiga partai itu akan tetap diikuti diksi ‘perubahan’.

“Nama koalisinya sementara kita terus diskusi, tapi ini akan usulan yang cukup dominan adalah nama koalisi perubahan,” ujarnya.

 

Sumber : tempo.co

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...