Berita

Anies Baswedan Sambangi Masjid Gedhe Mataram Yogyakarta, Diberi Tombak Cakra

YOGYAKARTA – Calon presiden atau capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyambangi Masjid Gedhe Mataram Kotagede Yogyakarta Minggu petang 13 Agustus 2023. Dalam kunjungan di masjid yang bagian belakangnya terdapat makam pendiri Kerajaan Mataram Islam seperti Panembahan Senapati itu, Anies berziarah.

Anies Baswedan juga mendapatkan suvenir berupa Tombak Cakra Kotagede dari warga yang terdapat ukiran tulisan Ar Rahman dan Al Malik. “Tombak Cakra ini mengingatkan saya ketika tahun 2015 dulu menerima pengembalian cakra dari Pangeran Diponegoro yang diambil oleh Belanda pada tahun 1828,” kata Anies, Minggu, 13 Agustus 2023.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla itu menuturkan, tahun 2015 silam saat masih menjabat menteri, Cakra Pangeran Diponegoro dikembalikan ke Indonesia. Anies saat itu merasa mendapatkan kehormatan untuk mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia menerima kembali cakra tersebut.

“Malam hari ini di Kotagede, di Makam Panembahan Senapati, kami menerima kembali sebuah cakra yang bentuknya serupa dari keluarga besar Kotagede, anak keturunan dari para pendiri Mataram Islam,” ujar Anies.

Anies Baswedan menyebut cakra pemberian warga Kotagede Yogyakarta itu sebagai  simbol amanah pada dirinya. “Yang mudah-mudahan sifat dari Ar Rahman bisa kami jaga sebagaimana  ketika kami kemarin bertugas (sebagai kepala daerah) di Jakarta,” kata Anies.

 

Sumber : tempo.co

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...