Uncategorized

Jawaban Lengkap Anies yang Merasa Heran Ditanya soal IKN di Rakernas Apeksi XVI Makassar

Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI melahirkan sejumlah rekomendasi untuk kelanjutan pembangunan, termasuk mendukung kelanjutan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Ada tiga konsentrasi kami di sini, salah satunya kami tidak mau tahun politik ini pembangunan terhenti. Jadi transisi ini harus berlanjut,” ujar Ketua Umum Apeksi Bima Arya di sela Rakernas tersebut di gedung Upper Hills Jalan Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, seperti dikutip Antara, Kamis, 14 Juli 2023.

Selain itu, ada beberapa rekomendasi yang diusulkan dari enam wilayah Apeksi. Seperti wilayah V merekomendasikan penataan IKN. Begitu pula rekomendasi di wilayah I yang dibacakan Wali Kota Medan Boby Nasution, mulai dari smart citystunting, inflasi, dana kelurahan, hingga nasib dan kelanjutan tenaga honorer.

Bima Arya bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga menyerahkan hasil rekomendasi rakernas kepada tiga bakal calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo usai memaparkan gagasannya masing-masing.

Bima Arya sempat menanyakan ihwal IKN pada Anies setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu selesai menjawab pertanyaan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Bima Arya meminta pandangan Anies tentang perencanaan pembangunan IKN yang selama ini telah berjalan.

“Ini yang bakal jadi headline. Padahal kita mau bicara kota lebih luas,” seloroh Anies disambut tepuk tangan dan tawa hadirin.

Sebaliknya, kalau program tersebut tak punya dasar kuat, termasuk siapa yang merasakan manfaatnya, maka wali kota akan bekerja keras memakai otot politik untuk membuat program itu berjalan. “Saya melihat, kalau ini (IKN) rencana yang baik, ya pasti jalan terus,” tutur dia.

“Tapi bila ini (IKN) ada masalah….saya kadang-kadang heran, kenapa sering ditanyakan ya? Apa ada masalah, ya, sebetulnya? Kok saya tak ditanya bagaimana dengan pangan murah, bagaimana dengan subsidi BBM. Kok selalu IKN yang ditanyakan. Apa sesungguhnya dalam alam bawah sadar kita ada pertanyaan? Cukup sampai di situ jawaban saya,” kata Anies.

 

Sumber : tempo.co

 

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Jalan Gembira Bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Makassar Penuh dengan Lautan Massa

Jalan gembira bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Makassar ramai diikuti warga setempat. Aktivitas jalan gembira bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Makassar tersebut diketahui...

Kala Anies Baswedan ‘Dihujani’ Pertanyaan dari Mahasiswa hingga Dosen FISIP UI

JAKARTA – Bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengisi kuliah kebangsaan di...

Hadiri Deklarasi Relawan KIB di Semarang, Anies: Biar yang Zalim Saling Repot

Semarang – Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan hadir dalam deklarasi relawan Kuning...