Berita

Soal Polemik JIS, Anies Baswedan: Saya Tidak Cawe-cawe

Bakal calon presiden Anies Baswedan enggan menanggapi soal polemik rumput Jakarta International Stadium atau JIS. Anies mengatakan tak ingin cawe-cawe soal masalah itu. “Oh ya saya enggak cawe-cawe deh soal itu,” kata Anies di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu dini hari, 12 Juli 2023.

Di bandara Soekarno-Hatta, Anies baru saja pulang ke Tanah Air dari Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji. Selama Anies menjalankan ibadah haji di Makkah, di Indonesia mencuat polemik soal rumput JIS. JIS adalah stadion sepak bola yang dibangun Anies saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Polemik mengenai JIS bermula ketika Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Untuk keperluan perhelatan itu, pemerintah berencana menyodorkan JIS ke FIFA sebagai salah satu stadion tempat pertandingan. Akan tetapi, pemerintah berencana melakukan renovasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut JIS belum berstandar FIFA. Salah satu aspek yang disoroti Basuki adalah rumput.

Senada dengan Basuki, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut renovasi terhadap JIS dilakukan karena stadion itu masih menggunakan rumput jahitan. Selain itu, Erick mengklaim ada kendala kapasitas parkir dan akses ke luar-masuk penonton yang terbatas.

Yang seharusnya ada empat pintu, kata Erick, baru terbuka satu pintu. “Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter,” kata dia di kawasan Istana Negara, Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

Sejumlah pihak menuding, bahwa pernyataan pemerintah terhadap JIS merupakan politisasi untuk menjatuhkan Anies Baswedan. “Kok pemerintah pusat seperti terus mencari-cari kekurangan? Masyarakat pasti memiliki pertanyaan yang sama, apa salahnya mengakui ada karya anak bangsa yang bermutu tinggi?” kata juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said dalam keterangannya, Rabu, 5 Juli 2023.

Padahal, kata dia, banyak lembaga internasional, lembaga profesi, dan pesepakbola internasional yang memberikan apresiasi terhadap kualitas JIS. Oleh sebab itu, Sudirman menyebut publik jadi menduga ada unsur politis dari polemik JIS karena dibangun di era Anies.

 

Sumber : tempo.co

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...