Berita

Partai Masyumi Resmi Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Partai Masyumi resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap bakal calon presiden dan wakil presiden usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada Pilpres 2024. Deklarasi itu secara resmi dibacakan dalam Rakornas I Partai Masyumi hari ini.

Pantauan detikcom di Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2023) deklarasi itu dibacakan langsung oleh Ketua Majelis Syuro Partai Masyumi Abdullah Hehamahua. Anies Baswedan pun terlihat hadir di lokasi.

Anies tampak duduk di barisan paling depan bersama sejumlah elit dan tamu undangan Partai Masyumi. Dia mengenakan kemeja putih serta bawahan hitam lengkap dengan peci berwarna hitam.

Ada lima poin dalam deklarasi Partai Masyumi kepada Anies dan Cak Imin. Salah satu poinnya terkait kewajiban tiap pengurus Partai Masyumi di tingkat pusat dan daerah dalam berkontribusi untuk pemenangan Anies dan Cak Imin.

“Mewajibkan seluruh jajaran Partai Masyumi dari tingkat pusat, wilayah, daerah, kecamatan, ranting, dan seluruh keluarga Partai Masyumi untuk berpartisipasi dalam rangka kemenangan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” kata Abdullah Hehamahua membacakan poin deklarasi.

Berikut lima poin deklarasi dukungan Partai Masyumi kepada Anies-Cak Imin:

Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Masyumi nomor 207/A/skep/B dukungan Masyumi kepada Anies Rasyid Baswedan dan Drs Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia.

Menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan:

1. Memberikan dukungan politik kepada Anies Rasyid blBaswedan dan Drs. Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden Republik Pndonesia dalam Pilpres 2024.

2. Mewajibkan seluruh jajaran Partai Masyumi dari tingkat pusat, wilayah, daerah, kecamatan, ranting, dan seluruh keluarga Partai Masyumi untuk berpartisipasi dalam rangka kemenangan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

3. Untuk mewujudkan maka perlu dilakukan konsolidasi, komunikasi, dan koordinasi baik internal maupun eksternal partai dalam mengoptimalkan dukungan politik dan partisipasi masyarakat untuk mencapai kemenangan Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar

4. Hal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan diatur dalam ketentuan.

5. Apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini dapat diperbaiki sebagaimana mestinya.

Sebelum deklarasi, DPP Partai Masyumi juga telah mengunjungi DPP Partai NasDem. Dalam kunjungan itu Partai Masyumi menyatakan dukungannya terhadap pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikam oleh Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani. Selain itu, kata dia, kedatangannya juga dalam rangka silaturahmi.

“Kami Partai Masyumi jauh sebelumnya, telah memutuskan di dalam rapat mekanisme di Partai Masyumi yaitu memberikan dukungan, karena kami tidak bisa berdasarkan aturan Perundang-undangan untuk ikut mencalonkan, karena mencalonkan partai-partai yang punya kursi di parlemen,” kata Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (5/9).

“Oleh karena itu kami memberikan dukungan penuh atas telah dideklarasikan yaitu pasangan AMIN, Anies dan Muhaimin,” tambah dia.

Dia berharap dapat ikut bekerja sama dalam rangka memenangkan pasangan Anies-Cak Imin di Pilpres 2024. Ahmad Yani mengatakan partainya akan ikut mengawal proses pendaftaran pencalonan Anies-Cak Imin ke KPU.

“Kami akan mendukung, mengusung, mengawal dengan segala upaya yang ada di Masyumi, agar proses pertama sukses dalam proses pencalonan,” ungkapnya.

Sumber : https://news.detik.com/

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...