Berita

Kekuatan Terkini Parpol Pendukung Anies-Cak Imin di DPR

Bakal pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah resmi menambah kekuatan partai politik pendukung, terbaru dukungan bertambah dari PKS. Bagaimana kekuatan pendukung Anies-Cak Imin di DPR terkini?
PKS resmi mendukung pasangan Anies Baswedan-Cak Imin atau AMIN di Pilpres 2024, pada Jumat (15/9) kemarin. Dukungan resmi itu diputuskan setelah rapat Majelis Syuro ke-IX PKS.

“Hasil keputusan, memperkuat keputusan Majelis Syuro ke-8 yang mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai bacapres pada Pilpres 2024. Kedua, memutuskan bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon Wakil Presiden Republik Indonesia mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu di DPP PKS, Jakarta Selatan.

“Ketiga, menyetujui dan menetapkan pasangan Bapak Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bacapres dan bacawapres RI yang secara resmi diusung PKS pada Pilpres 2024,” lanjut Syaikhu.

Baca juga:
PKS Harap Demokrat Kembali ke Koalisi Anies: Jangan Emosi Berkepanjangan
Cak Imin bersyukur dan terharu mendapat dukungan PKS. Cak Imin mengatakan dukungan PKS ini mengingatkan pada kebersamaan dengan PKB saat mendukung Presiden RI ke-6 SBY dua periode.

“Kebersamaan Mas Anies, Saya dan PKS sebenarnya telah terjalin lama, baik di legislatif, eksekutif maupun di Pemda DKI. Kerja sama PKB-PKS tercermin kita sama-sama dalam koalisi tahun 2004-2014, kebersamaan saya, almukarom Habib Salim menjadi kabinet pimpinan Pak SBY. Kebersamaan hari ini reunian dan kebersamaan untuk menyongsong Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera,” kata Cak Imin.

Sementara itu, Partai NasDem menyebut dukungan PKS mengokohkan kekuatan koalisi. NasDem menilai ‘perkawinan’ Anies dengan PKS sudah terjalin lama.

Willy menyebut PKS merupakan dasar dari koalisi perubahan. “Ini tentu satu hal yang benar-benar mengokohkan basis kekuatan itu ya. PKS, NasDem, dan PKB tentu ini suatu kekuatan kolaborasi yang setara, sepadan, dan tentu kita harap ini bisa mengantarkan kemenangan Anies di Pilpres 2024 nanti,” kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada wartawan.

Kekuatan Anies-Cak Imin di DPR
Secara resmi, bakal pasangan Anies-Cak Imin didukung oleh Koalisi Perubahan terdiri dari tiga partai di DPR RI atau parlemen. Ketiga partai itu yakni Partai NasDem, PKB, dan PKS, Partai Demokrat yang awalnya mendukung Anies keluar koalisi karena merasa dikhianati penetapan Cak Imins sebagai bakal cawapres Anies.

Dukungan Partai NasDem, PKB, dan PKS sudah melampaui ambang batas pencalonan bakal capres-cawapres atau presidential treshold sebesar 20% atau 115 kursi di DPR. Berikut kekuatan Anies-Cak Imin di DPR:

Anies-Cak Imin
Fraksi Partai Nasdem 59 kursi/10,26%
Fraksi PKB 58 kursi/10,09%
Fraksi PKS 50 kursi/8,70%
Total: 167kursi/29,05%

Sebagai catatan, Partai Demokrat belum menentukan sikap dan dukungan terhadap bakal capres-cawapres tertentu usai mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan. Partai Demokrat kini menjajakin untuk masuk ke koalisi bakal capres Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Ganjar Pranowo
Fraksi PDIP 128 kursi/22,26%
Fraksi PPP 19 kursi/3,30%
Total: 147 kursi/25,56%

Prabowo Subianto
Fraksi Partai Gerindra 78 kursi/13,57%
Fraksi Partai Golkar 85 kursi/14,78%
Fraksi PKB 58 kursi/10,09%
Fraksi PAN 44 kursi/7,65%
Total: 265 kursi/46,09%

\Sumber : detik.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...