Berita

Viral Bupati Banyumas Tanya Capres di Unsoed, Mahasiswa Jawab Anies Baswedan, Ini Kecurigaan Bawaslu

JAKARTA —- Video viral beredar di sosial media tentang Bupati Banyumas Achmad Husein yang menanyakan kepada mahasiswa baru (maba) Unsoed terkait siapa pilihan capresnya di 2024.

Namun, politikus PDIP itu mendapat jawaban yang membuatnya kaget karena tiga mahasiswa yang ditanya menyebut pilihannya Anies Baswedan.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Puadi menjelaskan, bahwa pihaknya akan mendalami terlebih dahulu apakah ada pelanggaran atau tidak.

“Dipandang dari teknis hukum, situasinya memang bukan kampanye, hanya saja ada kesan yang timbul seorang kepala daerah sedang berupaya melakukan penggiringan opini untuk memilih salah satu bakal calon Presiden dalam pemilu 2024,” kata Puadi, Kamis (10/8/2023).

“Meskipun jawaban mahasiswa tidak sebangun dengan ekspektasi sang kepala daerah yang notabene juga sebagai ketua salah satu partai,”lanjut Puadi.

Kemudian, Puadi juga mengimbau agar kepala-kepala daerah tidak melakukan tindakan yang menjurus kampanye.

Karena, Tahapan kampanye baru akan digelar pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.

“Dalam konteks ini Bawaslu perlu mengingatkan kepada semua kepala daerah untuk bersama-sama memberikan edukasi politik yang baik dan sejuk kepada publik terutama kepada pemilih milenial tentang pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam pemilu,” pungkasnya

Sebelumnya, Viral di media sosial potongan video Bupati Banyumas Achmad Husein yang kecele saat menanyakan calon presiden (capres) ke mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed).

Bupati Banyumas Achmad Husein yang merupakan kader PDIP itu tampak yakin bahwa jawaban para mahasiswa akan sama dengan pilihannya yakni Ganjar Pranowo.

Namun ketiga mahasiswa yang ditanya satu persatu itu semuanya menjawab Anies Baswedan, karena diminta jujur

“Ini telak banget. Bupati Banyumas dari PDlP tanya pilihan Presiden ke Mahasiswa baru UNSOED PURWOKERTO. Bupatinya kecele dan dari wajahnya agak kecewa, dikira mahasiswa akan satu pilihan sama dia pilih Ganjar hahahaha. Lagian mahasiswa disuruh jujur,” cuit @panca66 sambil menyematkan potongan video tersebut.

Dalam video tersebut tampak Bupati Husein, yang merupakan Kader PDIP, memberikan tiga pilihan calon presiden kepada lima perwakilan mahasiswa yang maju ke depan panggung.

Sumber : tribunnews.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...