Berita

Anies Baswedan Ingin Kegiatan Seni Budaya Lebih Difasilitasi Pemerintah

Malang: Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menginginkan agar kegiatan seni dan budaya di Indonesia mendapat perhatian lebih dari Pemerintah. Sebab, Indonesia menurutnya kaya akan seni dan budaya.

Anies mengaku tumbuh besar di Dusun Karangwuni, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Semasa kecilnya, ia sering menonton pagelaran wayang kulit.

“Di tempat kami memang ketika ada hajatan ya memang biasa nanggap wayang kulit,” katanya saat menghadiri pagelaran wayang kulit di Kolam Renang Pentungan Sari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu malam, 9 Agustus 2023.

“Kita tahu karakter-karakter wayang ada banyak sekali dan itu pembelajaran,” bebernya.
Berangkat dari pengalamannya di masa kecil, Anies pun menjadi pembina dari paguyuban pelestarian seni budaya, khususnya wayang kulit, sejak 2015. Ia menilai kegiatan seni dan budaya harus dijadikan prioritas oleh pemerintah.

“Malam hari ini kami hadir di Singosari Kabupaten Malang untuk nonton wayang kulit dan sudah mengirimkan pesan kepada semua bahwa kegiatan kebudayaan ini akan menjadi salah satu prioritas utama. Bukan hanya seni wayang kulit, tapi semua seni budaya. Karena kekayaan bangsa Indonesia justru ada pada kekayaan seni dan budayanya,” jelas dia.

Anies mengaku, kegiatan seni dan budaya seharusnya bukan hanya semata-mata dijadikan sebagai pariwisata saja. Tetapi juga kegiatan kebudayaan.

“Ini yang kita tumbuhkan terus dan kita berharap pesan ini yang kita gaungkan bisa diterima oleh masyarakat dan kami juga ingin lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan budaya seni di Indonesia yang lebih difasilitasi oleh pemerintah,” tegasnya.

 

medcom.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...