Berita

Anies Baswedan Sebut BUMN Jangan untuk Tingkatkan Pendapatan Negara, Ada Konflik Kepentingan

JAKARTA – Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jangan menjadi alat untuk meningkatkan pendapatan negara. Karena bakal terjadi konflik kepentingan.

“Kalau kita menggunakan BUMN fokusnya untuk meningkatkan pendapatan negara di situ terjadi conflict of interest, di satu sisi kita regulator di satu sisi lagi kita market player. Dan itu tidak akan pernah menghasilkan sustainability untuk kemajuan, tidak mungkin,” ujar Anies Baswedan dalam dialog di Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/8/2023).

Dia mengatakan, meningkatkan pendapatan negara, harus melalui pajak. Pajak tersebut, kata Anies, semakin besar ketika perekonomian negara juga semakin besar.

Dia pun mengaku akan memfungsikan BUMN hanya untuk kepentingan strategis nasional. Untuk kepentingan hajat hidup orang banyak. Untuk hal-hal yang tidak menyangkut kepentingan nasional, maka perusahaan swasta yang harus didorong.

“Maka BUMN fokus pada hal-hal yang menyangkut kepentingan hal-hal kepentingan strategis nasional menyangkut hajat hidup orang banyak adapun hal yang tidak menyangkut kepentingan strategis dorong swasta,” terang Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, swasta didorong untuk melakukan pembangunan karena memiliki keleluasaan melakukan aktivitas usahanya. Swasta akan lebih bekerja lebih efisien karena beroperasi dengan menghitung untung rugi.

“Korporasi ini ada kelenturan keleluasaan untuk mereka melakukan kerjasama melakukan aktivitas usaha karena itu bentuknya korporasi intinya untuk melakukan pembangunan itu kita ingin lakukan,” jelas Anies.

 

Sumber : liputan6.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...