Berita

Anies Baswedan Ingin Desa Kuat dan Mandiri, Ini Gagasan Krusialnya

Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Jambi. Anies memaparkan gagasannya tentang pembangunan desa.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyebut visinya ingin jadikan desa sebagai kekuatan untuk pembangunan bangsa. Menurutnya, ada tiga yang harus dilakukan dalam gagasan pembangunan desa.

“Peningkatan dana desa, otoritas belanja yang sesuai dengan kebutuhan desa, dan pendampingan desa yang profesional,” kata Anies di Balairung Universitas Jambi, Rabu, 26 Juli 2023.

Anies menekankan pentingnya pendamping desa yang profesional. Dengan demikian, kepala desa bisa memiliki mitra yang menguatkan dalam pembangunan desa.

Kata dia, tak boleh ada lagi pendamping desa berkat titipan pihak-pihak tertentu. Hal itu tanpa ditopang oleh kualitas dan kualifikasi yang jelas. “Hanya dengan cara itu akan lahir desa yang kuat dan mandiri,” lanjut mantan Mendikbud tersebut.

Pun, dia juga memastikan program yang baik tentang desa saat ini tidak boleh dihentikan. Ia menyampaikan demikian untuk menjawab rumor yang beredar bahwa dirinya akan mengubah kebijakan tentang desa jika kelak terpilih menjadi RI-1. Isu itu muncul seiring gagasan perubahan yang digaungkan Anies.

“Justru dana desa akan kita tingkatkan. Makanya dalam matriks kebijakan itu ada empat hal yang harus dipahami,” tutur Anies. Anies pun membeberkan empat kebijakan yang mesti dipahami. Pertama, kebijakan apa yang diteruskan. Kedua, apa yang dikoreksi. Lalu, ketiga, apa yang perlu dihentikan, serta keempat adalah hal baru apa yang perlu dibuat.

Maka itu, kepala desa akan diberi kewenangan penuh untuk menentukan kebutuhan mereka.  “Karena yang tahu masalah sesungguhnya adalah kepala desa, apa yang harus ditingkatkan dan apa yang mesti dikoreksi,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Mersam, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Asyuro, berharap banyak pada Anies jika kelak terpilih menjadi Presiden RI. Ia bilang gagasan kesetaraan dan keadilan yang kerap disampaikan Anies dalam beberapa kesempatan harus diterapkan dalam konsep pembangunan desa di seluruh Indonesia.

“Saya berharap Pak Anies membangun desa-desa yang kurang berkembang dan tertinggal dengan desa-desa lain,” harap Asyuro.

Sumber : viva.co.id

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...