Berita

Luhut Tak Setuju RI Butuh Perubahan, Jubir Anies Baswedan: Perubahan Tetap Dibutuhkan

Jakarta Juru bicara Calon Presiden (Capres) Koalisi Perubahan untuk Perubahan (KPP) Anies Baswedan, Surya Tjandra menilai sebaiknya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak terus menerus menyampaikan ketidaksetujuan terkait ide perubahan yang diusung bacawapresnya.

Adapun ketidaksetujuan ide Anies yang mengusung perubahan disampaikan Luhut dalam acara NCBC Nickel Conference di Jakarta, Selasa 25 Juli 2023. Selain itu, Luhut juga pernah melontarkan pernyataan serupa pada bulan Mei 2023.

Menurut Surya, tidak benar jika framing yang disorot andai Anies menjadi presiden, seolah-olah semua program dan kebijakan pemerintahan saat ini akan diubah secara serampangan.

“Setiap pergantian pemerintahan pasti akan ada kerja dan program yang harus berlanjut, dan Anies membuktikan itu di DKI Jakarta. Perubahan dibutuhkan karena faktanya, bahkan dari berbagai program yang harus dilanjutkan versi LBP itu bukan tanpa masalah,” kata Surya Tjandra dalam keterangan tertulis Rabu (26/7/2023).

Kemudian, Mantan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) itu mencontohkan soal program digitalisasi di Pemprov DKI Jakarta.

Menurut dia, Anies justru adalah kepala daerah yang terdepan, dilihat dari rekam jejaknya memimpin Jakarta sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Dia menyebut, hampir seluruh pelayanan publik di DKI Jakarta saat ini telah berbasi digital.

Surya mencontohkan pengalamannya saat menjabat Wamen ATR/ BPN. Dia menilai teroboson penting yang dilakukan Anies adalah program JakartaSatu, di mana Anies saat itu menggabungkan data pembangunan berbagai dinas Pemprov DKI dengan data persil Kantor Wilayah ATR/BPN.

“Ini adalah terobosan penting dari kebijakan satu peta, yang sesungguhnya dicanangkan pemerintah sejak awal Presiden Jokowi berkuasa, tetapi tidak juga terlaksana sampai sekarang,” kata dia.

“Baru DKI di bawah Anies yang melaksanakannya secara konkret, dan menjadi model untuk daerah lain,” sambung dia.

Selain pertanahan, lanjut Surya, sektor yang menjadi contoh adanya perubahan berkelanjutan adalah pendidikan dan lingkungan. Jakarta, kata dia adalah satu-satunya kota di Indonesia yang menggabungkan keduanya, semisal berbagai RPTRA (ruang publik terpadu ramah anak).

Gagasan awal RPTRA menurut Surya, muncul saat Gubernur Jokowi. Justru, Anies ujar dia mengkombinasikannya dengan upaya mengatasi banjir di DKI.

“Ini bisa dilihat di RPTRA Tebet Eco Park, misalnya, yang belum lama ini juga menang penghargaan dari Presiden Singapura untuk desainnya. Ini hanya contoh keberlanjutan program pemerintah sebelumnya yang diperbaiki dengan serius oleh Anies Baswedan,” kata Surya.

Tegaskan Anies Baswedan Punya Pikiran yang Sama dengan Luhut

Sementara itu, terkait visi misi atau narasi perubahan, Surya menyebut Anies kerap menyuarakan tentang utang BUMN yang tinggi saat ini.

Surya melihat, persoalan itu penting untuk diubah. BUMN, kata dia tidak seharusnya mendominasi semua program pembangunan, karena peran swasta juga perlu dikuatkan.

“BUMN perlu didudukkan kembali ke perannya sebagai agent of development tidak bekerja berbasis utang yang membebani rakyat, yang juga rawan bancakan,” kata dia.

Lebih lanjut, Surya menegaskan bahwa Anies Baswedan sebenarnya punya pikiran yang sama dengan Luhut, bahwa semua hal baik yang dikerjakan pemerintah di masa ini harus dilanjutkan oleh pemimpin di pemerintahan berikutnya.

“Pak Anies percaya pentingnya pemisahan antara pengambil kebijakan dengan pengusahanya, ini penting untuk mencegah konflik kepentingan yang berlarut seperti sekarang. Ini juga penting agar negeri ini tidak diurus ala mafia, di mana ketika Anda terperosok ke dalam masalah, Anda ada di dalamnya, dan tidak ada lagi jalan keluar,” ucap dia.

 

Sumber : liputan6.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...