Berita

Soal Bakal Cawapres Anies, PKS: Anies Pulang, Kita Rapikan dan Umumkan

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Alhabsy dalam jumpa pers di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/5/2023). (KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) akan diumumkan setelah Anies Baswedan kembali ke Tanah Air.

Diketahui, bakal calon presiden (capres) dari KPP itu bertolak ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada 22 Juni lalu.

“(Deklarasi bakal cawapres Anies) sebentar lagi, pulang Anies kita rapikan,” kata Aboe Bakar Alhabsyi dalam acara pemotongan hewan kurban di DPP PKS, Sabtu (1/7/2023).

Oleh karenanya, Aboe meminta semua pihak untuk bersabar menunggu Anies Baswedan kembali ke Indonesia.

Menurutnya, KPP bersama Anies bakal mempersiapkan dahulu soal deklarasi bakal cawapres sebelum diumumkan.

“Nanti kita tunggu tanggal datangnya ya, kita atur waktunya, (diperkirakan tanggalnya) lebih-kurang, plus-minus, kita umumkan,” kata Sekjen PKS itu.

Terkait nama Cawapres, tim delapan KPP sepenuhnya telah menyerahkan pemilihan nama cawapres ke mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Tim delapan merupakan tim yang dibentuk untuk membantu Anies Baswedan untuk mencari kandidat cawapres.

Anggota tim delapan KPP, Sudirman Said mengatakan, pengumuman bakal cawapres Anies Baswedan setelah ibadah haji merupakan waktu yang baik.

Menurutnya, pemilihan waktu itu menunjukkan bahwa momentum pendaftaran capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) semakin dekat.

“Itu saya kira waktu yang baik lah,” ujar Sudirman di Sekretariat Perubahan (Sekper), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 21 Juni 2023

Sudirman mengatakan, tiga ketua umum partai politik pengusung Anies Baswedan, yakni Nasdem, Demokrat, dan PKS sudah mengetahui satu nama bakal cawapres di kantong Anies Baswedan.

“(Anies sudah) berkeliling ke semua pimpinan partai untuk pamitan sekaligus menjelaskan arah keputusannya itu,” katanya.

Selain itu, Sudirman mengungkapkan, Anies juga meminta tim delapan KPP berhenti membicarakan penentuan bakal cawapres. Sebab, waktunya sudah selesai.

“Sekarang sudah harus dipersiapkan mengidentifikasi tempat, acaranya bagaimana, jadi hal teknis kita kerjakan,” ujar Sudirman Said.

Sumber : kompas.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...