Berita

Dukung Piala Dunia U-17 Digelar di JIS Warisan Anies, PKS: Rugi Kalau Enggak Dipakai

Jakarta International Stadium (JIS) yang dibangun era Guberrnur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sedianya disebutnya bakal jadi kandang atau home base Persija Jakarta.

JAKARTA  – Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ) mendukung wacana penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium (JIS) warisan Gubernur Anies Baswedan.

Tak hanya di ajang Piala Dunia U-17, MTZ pun berharap JIS bisa segera digunakan di Liga Indonesia.

“Saya mendukung penuh, bukan hanya U-17 tapi mulai lah aktivitas pertandingan yang lain, pertandingan liga segala macam,” ucapnya saat dikonfirmasi, Jumat (30/6/2023).

Dukungan yang diberikan MTZ ini bukan tanpa alasan, sebab, JIS dibangun dengan anggaran yang tak sedikit hingga Rp 4,5 triliun.

“Pakai saja JIS, itu sudah biaya besar kan. Jadi rugi kalau enggak dipakai,” ujarnya.

Ia pun menyayangkan minumnya aktivitas olahraga yang dilakukan di JIS yang terletak di utara Jakarta itu.

Padahal, stadion yang jadi ikon baru Jakarta itu dibangun sudah dilengkapi berbagai fasilitas modern.

MTZ pun cukup menyesalkan tak bisa digunakan sebagai kandang Persija Jakarta dalam perhelatan Liga 1 Indonesia lantaran tak lolos verifikasi PSSI.

“Saya lihat ini ternyata sebabnya di luar olahraga, sebab yang sifatnya politis. Jadi seakan enggak dipakai,” kata dia.

Presiden Jokowi Lirik JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17

Presiden Jokowi memberikan tanggapan soal jadwal Piala Dunia U-17 dengan konser grup band Coldplay yang disebut akan bentrok pada November mendatang karena sama-sama diadakan di Gelora Bung Karno (GBK).

Menurut Presiden, nantinya akan dicarikan solusi atas kondisi tersebut.

Sebab stadion sepak bola di Indonesia bukan hanya di GBK saja.

“Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau Pasar Palmerah, Jakarta, Senin (26/6/2023).

“(Stadion) Yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalakharupat ada. Banyak. Ada di Surabaya Stadion Bung Fomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” jelasnya.

Selain itu, federasi sepakbola dunia (FIFA) pun memberikan kepercayaan kepada Indonesia.

Sehingga dirinya sudah memerintahkan kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk menyiapkan pelaksanaan Piala Dunia U-17.

“Itu kepercayaan yang diberikan Internasional. Kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Saya sudah perintahkan kepada ketua PSSI utk betul-betul disiapkan betul,” jelas Jokowi.

“Kalau venuenya kan memang sudah ada dari yang kemarin sudah kita perbaiki. Artinya tinggal digunakan tetapi manejemen semuanya harus disiapkan betul,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, FIFA telah resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 tahun 2023.

Perhelatan internasional itu bakal digelar pada 10 November-2 Desember 2023.

Di bulan yang sama, grup band asal Inggris, Coldplay sudah lebih dulu mengumumkan akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 15 November 2023.

Mengacu pada hal tersebut, jadwal Piala Dunia U17 bentrok dengan konser Coldplay di Jakarta.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mengatakan, pihaknya masih menunggu jadwal resmi Piala Dunia U17 yang bakal berlangsung di Indonesia.

Namun, pihak promotor memastikan bahwa konser Coldplay di Jakarta bakal digelar sesuai jadwal, yakni 15 November 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Sesuai informasi dari promotor dan GBK, Konser Coldplay di Jakarta masih tetap on schedule dengan venue Gelora Bung Karno,” tutur Gusti Ayu, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/6/2023) malam.

Gusti Ayu mengatakan, pihak promotor Coldplay telah berkoordinasi dengan Ketua Umum PSSI dan memastikan pelaksanaan konser Coldplay di Jakarta akan tetap sesuai jadwal.

Menurut Gusti Ayu, kabar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 itu justru akan menjadi salah satu event akbar potensial pada 2023.

Hal ini berimbas pada kedatangan wisman dengan jumlah besar sehingga memberikan multiplier effect signifikan bagi ekonomi Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga buka suara terkait dengan penyelenggaraan acara Piala Dunia U17 yang berlangsung di bulan yang sama dengan konser Coldplay.

“Saya tidak bisa menyatakan apakah Coldplay itu mundur atau tetap. Itu harus jadi solusi kita duduk bersama. Karena dua-duanya event bagus buat Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers, Sabtu.

Kendati demikian, Erick berharap ke depannya lapangan utama Timnas Indonesia, yakni Stadion Gelora Bung Karno, harus siap ketika ada pertandingan.

Sebab, pertandingan timnas itu merupakan kalender resmi. Terkait opsi penggunaan stadion lain, PSSI mengaku masih menunggu tim FIFA untuk melakukan inspeksi venue Piala Dunia U17.

“Khususnya untuk lapangan, tentu FIFA akan mengirim tim guna mengecek stadion,” kata dia.

 

Sumber : tribunnews.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...