Berita

PKS soal Cawapres Anies: Capres Lain Aja Masih Santai Kok

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri menegaskan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tidak mengulur-ngulur waktu untuk mendeklarasikan cawapres pendamping dari Bacapres Anies Baswedan. Mabruri menilai koalisi lain pun masih santai soal cawapres.
“Nggak sih (tidak mengulur-ngulur). Capres lain aja belum ada cawapresnya masih santai kok,” kata Mabruri kepada wartawan, Kamis (15/6/2023).

Mabruri mengatakan saat ini KPP masih menunggu waktu yang tepat untuk deklarasi. Namun, dia tak menampik akan lebih baik jika deklarasi dilakukan lebih cepat.

“Nunggu hari baik dan bulan baik aja,” katanya.

Lebih lanjut, Mabruri menuturkan PKS setuju jika deklarasi dilakukan Juni. Tapi kembali lagi, dia menyerahkan keputusan ke Anies.

“Kalau Anies Baswedan oke, kita semua oke. Ikan sepat ikan gabus, makin cepat makin bagus,” tuturnya.

Partai Demokrat sebelumnya meminta bakal capres Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Baswedan untuk segera mengumumkan cawapres pendampingnya. Partai Demokrat mengingatkan soal piagam koalisi yang telah diteken bersama tiga parpol.

“Jadi kami meminta kepada Mas Anies Baswedan ya untuk menyampaikan siapa calon wakil presiden nya paling lama bulan Juni ini, itu tetap itu karena sudah ada di ruang publik itu,” kata Wasekjen Demokrat, Jansen Sitindaon dalam acara Adu Perspektif ‘Poco-poco Koalisi Anies Baswedan’ yang disiarkan detikcom bekerjasama dengan Total Politik, Rabu (14/6/2023).

Jansen meminta untuk tidak menganggap makna evaluasi yang pernah disampaikan Demokrat terkait deklarasi cawapres Anies sebagai sebuah ancaman. Dia menegaskan Demokrat merupakan pendiri koalisi tersebut dan dibuat secara sadar tanpa paksaan.

“Yang kedua, makna evaluasi di sini jangan dianggap ancaman ya gitu, harus diingat Partai Demokrat ini adalah pendiri koalisi ini, owner dari koalisi ini. Dan kami membentuk koalisi ini secara sadar, bukan ada paksaan dari pihak manapun,” ujarnya.

“Jadi terbentuknya koalisi ini adalah persis sebagaimana bunyi amanat konstitusi capres-cawapres itu diajukan oleh partai politik gitu. Jadi ini murni koalisi yang kami bentuk atas kesadaran Demokrat sendiri beserta dua kawan kami yang lain tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Jadi jangan dimaknai Partai Demokrat kemudian memberikan evaluasi ini akan loncat dari perahu, nggak. Di banyak kesempatan, Ketum kami Mas AHY itu menyatakan terang benderang, sekuat tenaga kita, kita akan berusaha melayarkan koalisi ini ya sampai ke pelabuhan yang mau kita tuju, itu posisinya,” lanjutnya.

Sumber : detik.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...