Berita

Anies: Ganjar Teman Lama dan Prabowo Patriot, Saya Belajar dari Semua

Bakal capres 2024 Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan bicara lima sosok tokoh nasional menurut pandangannya. Anies Baswedan mengungkapkan hubungannya dengan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, hingga Joko Widodo (Jokowi).
Pandangan Anies Baswedan itu diungkap di akun YouTube-nya, seperti dilihat pada Kamis (1/6/2023). Anies pertama ditanya soal pandangannya terhadap Ganjar Pranowo.

“Seorang gubernur yang memikirkan masyarakat Jawa Tengah dan teman lama. Kita sama-sama kuliah di Gajah Mada,” kata Anies.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Beliau tiga tahun di atas saya secara angkatan, tapi sempat berinteraksi di sana dan orang baik,” imbuhnya.

Kemudian Anies ditanya soal sosok Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo sosok yang menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mempertahankan Indonesia.

“Seorang patriot, seorang pejuang yang telah lama mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk menjaga kedaulatan Indonesia dari mulai menjadi prajurit sampai sekarang menjadi Menteri Pertahanan,” ujarnya.

Ketiga, Anies ditanya pandangannya terhadap Presiden Jokowi. Menurut Anies, Jokowi merupakan tokoh inspiratif dan punya komitmen.

“Seorang yang bisa menjadi inspirasi, dedikasi dalam bekerja yang luar biasa. Komitmen untuk delivery atas apa yang dikerjakan sangat tinggi,” ucap Anies.

Jokowi inspiratif karena dari keluarga sederhana dapat memimpin wilayah dari tingkat kota hingga negara. Dalam sistem demokrasi, Jokowi dinilai menjadi inspirasi.

“Yang kemudian juga menjadi inspirasi dan bukti bahwa demokrasi di republik ini memberikan kesempatan kepada siapa saja. Bagaimana seroang anak dari keluarga sederhanan, berkesempatan untuk memimpin kota, berkesempatan untuk memimpin provinsi kemudian untuk memimpin sebuah negara,” kata Anies.

“Bila kita tidak mengadopsi prinsip demokrasi, tapi mempertahankan aristokrasi, maka orang biasa-biasa saja tidak bisa. Dan banyak negara tetangga kira harus menjadi ‘harus anak seseorang’ untuk bisa berada di posisi itu. Pak Jokowi jadi inspirasi,” sambungnya.

Sementara hubungan Anies dengan Sandiaga Uno sebagai sahabat dari keluarga mereka. Ibu Anies dan ibu Sandiaga ternyata sudah kenal cukup lama.

“Jadi gini, Pak Sandi itu, ibu kita bersahabat. Ibu kita bersahabat sekelas sejak kuliah. Jadi Ibu Mien Uno dengan Ibu Aliyah satu kelas di Bandung. Namanya Fakultas Pedagogi, Unpad,” ujar Anies.

Anies menyebut keluarganya dengan keluarga Sandiaga sama-sama keluarga guru. Anies mengatakan akan selalu menjadi sahabat Sandiaga.

“Kami bersahabat sejak lama dan tidak pernah membayangkan bahwa persahabatan dari ibu kepada anak kemudian berjalan bersama di pilkada dan bertugas bersama,” ucap Anies.

“Jadi Pak Sandi akan selalu menjadi sahabat sampai kapanpun dan beliau dan keluarga selalu menjadi saudara kita sampai kapanpun,” lanjutnya.

Terakhir, pandangan Anies terhadap Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Anies melihat AHY sebagai pribadi cerdas dan berprestasi, Anies menaruh hormat kepada keluarga AHY.

“Seorang anak yang cerdas, yang memiliki prestasi sejak usia belia ketika masih SMA di Taruna Nusantara, ketika taruna. Seorang anak potensial yang pada masa itu ayahnya masih menjadin komandan korem, belum seorang pejabat tinggi,” sebut Anies.

“Anak dari keluarga pejuang. Kakeknya, Pak Sarwo Edhi Wibowo adalah pejuang garda terdepan menghadapi komunis, ketika menjadi komandan RPKAD, Kolonel Sarwo Edhi Wibowo,” ucap Anies.

Dari kelima tokoh itu, Anies mengaku bersyukur karena bisa dekat dan belajar dari para tokoh tersebut. “Jadi saya bersyukur sekali melihat pribadi-pribadi ini dari dekat dan berkesempatan belajar dari semua,” imbuhnya.

Sumber : detik.com

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...