Berita

Relawan Anies Baswedan Tak Gusar dengan Hasil Survei: Kalau Kalah Kenapa Banyak Diserang?

Koordinator Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) La Ode Basir menyebut organisasinya tak ambil pusing dengan hasil sejumlah lembaga survei yang menempatkan bakal calon presiden Anies Baswedan di posisi buncit. Toh saat Anies maju sebagai Gubernur DKI Jakarta, kata dia, hasil survei juga selalu menempatkannya di urutan bawah.

Di sisi lain, jika memang Anies selalu menempati posisi akhir, La Ode Basir mempertanyakan sejumlah fitnah dan serangan yang masih dilontarkan kepada jagoannya itu. “Kalau kalah kenapa banyak difitnah, banyak diserang? Ngapain serang orang kalah?” ujar dia di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Ahad, 28 Mei 2023.

La Ode menduga sebenarnya ada survei yang tidak dipublikasikan. Survei ini, kata dia, menempatkan Anies di posisi pertama.

Kendati demikian, La Ode menyebut organisasinya menjadikan hasil survei itu sebagai cambuk dan motivasi untuk meningkatkan semangat dan kinerja relawan. Ia menyatakan organisasi Anies kini tengah berusaha secara optimal untuk mensosialisasikan bacapres usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

“Apapun hasil survei tidak mengganggu semangat kami. Relawan Anies itu sifatnya partisipatif dan mandiri,” kata La Ode.

Adapun elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyalip elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam survei Litbang Kompas yang digelar pada pada 29 April-10 Mei 2023. Dalam survei itu, Prabowo unggul dengan elektabilitas 24,5 persen, lalu Ganjar 22,8 persen, dan Anies Baswedan yang semakin tertinggal jauh dengan elektabilitas hanya 13,6 persen.

Elektabilitas Prabowo ini meningkat hingga 6,4 persen dibanding survei Januari 2023 yang berada di angka 18,1 persen. Sementara Ganjar mengalami penurunan elektabilitas sebesar 2,5 persen dari 25,3 persen pada Januari 2023. Lalu untuk perolehan suara Anies nyaris tak berubah dari hasil survei sebelumnya sebesar 13,1 persen atau hanya naik 0,5 persen.

Sementara itu, survei teranyar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan Prabowo Subianto unggul di peringkat pertama sebagai calon presiden 2024. Menyusul Prabowo adalah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Tren suara Prabowo mengalami penguatan sejak Januari hingga April 2023. Sementara Ganjar mengalami penurunan sejak Februari hingga awal April, namun kembali menguat sejak medio April. Adapun Anies cenderung mengalami penguatan namun tidak setinggi Prabowo.

 

Sumber : tempo.co

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...