Berita

Digagas Era Anies, Pemprov DKI Lanjutkan Bangun Sekolah Net Zero

Pemprov DKI Jakarta memastikan bakal melanjutkan pembangunan sekolah-sekolah berkonsep net zero 2022. Diketahui, pembangunan sekolah ramah lingkungan ini digagas di era Gubernur Anies Baswedan.

“Kita akan bangun sekolah, saat ini memang proses pembangunan sedang manajemen konstruksi ya. Nanti kita akan teruskan konsep net zero ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana kepada wartawan, Jumat (10/2/2023).

Namun Nahdiana tidak memerinci berapa sekolah yang akan direvitalisasi menjadi konsep net zero. Yang jelas, saat ini pihaknya sedang memproses manajemen konstruksi untuk menetapkan sekolah yang direvitalisasi.

“Sekarang manajemen konstruksi prosesnya. Tergantung evaluasi dari manajemen konstruksi itu. Kalau sekolahnya sudah kita berikan titiknya, nanti kita umumkan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak empat bangunan sekolah berkonsep net zero telah diresmikan Anies Baswedan pada 2022 silam. Kala itu, Anies menyebut pihaknya berencana menambah 20 sekolah lagi pada tahun 2023 mendatang.

“Nah, dengan adanya empat contoh dan tahun 2023 ada 20 sekolah lagi. Jadi harapannya nanti kita tahu bahwa sekolah yang kita butuhkan seperti ini,” kata Anies Baswedan di SDN Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022).

Anies menyebut selama ini, desain sekolah net zero 2022 hanya bisa diwujudkan dalam bentuk maket semata. Kini, empat sekolah telah menjadi pioneer sekolah rendah emisi. Dia berharap ke depannya jumlahnya terus bertambah hingga ratusan kali lipat.

“Kalau kemarin masih dalam bentuk maket, bentuk gambar, itu belum lihat langsung. Sekarang dengan ada 4, tahun depan 20, harapannya tahun tahun berikutnya bisa lompat lebih tinggi. Kalau lompat 20 kan 5 kali ya, mudah mudahan nanti bisa 100 bisa 500 harapannya terus menerus Jakarta sekolahnya menjadi sekolah yang ramah,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan GBC Indonesia dalam penerapan Sekolah Net Zero Carbon ini. GBC Indonesia membantu melakukan simulasi dan analisis terkait desain pasif, terutama simulasi untuk pola aliran udara pada tapak, radiasi matahari pada selubung bangunan, serta simulasi pencahayaan untuk mengetahui apakah performa bangunan sudah baik dan dapat mengurangi penggunaan energi.

Simulasi aliran udara dapat membantu memprediksi arah dan kecepatan datangnya angin secara umum sehingga para perancang dapat menentukan posisi bukaan untuk memaksimalkan ventilasi alami. Simulasi radiasi matahari pada selubung bangunan membantu mengidentifikasi selubung bangunan yang terkena paparan panas matahari yang dapat mempengaruhi suhu dalam ruangan sehingga penggunaan AC dapat diminimalisir.

Selain itu, pencahayaan alami merupakan hal yang sangat penting di sekolah karena mempengaruhi performa belajar anak. Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi dalam penerangan atau lampu, cahaya matahari alami harus dimanfaatkan dengan tetap memperhatikan kenyamanan termal dalam ruang.

Pada prinsipnya, persyaratan dan ketentuan bangunan dengan kriteria Net Zero Carbon adalah dengan mengoptimalkan desain bangunan agar sedemikian rupa dapat menurunkan kebutuhan konsumsi energi per tahun (IKE=Indeks Konsumsi Energi) serendah mungkin, sehingga memungkinkan pasokan energinya dapat bertumpu sepenuhnya pada sistem energi terbarukan (renewable energy). Sistem energi terbarukan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi energi bangunan (IKE) yang sudah sangat diminimalkan dibandingkan dengan IKE yang diperlukan oleh praktik bangunan konvensional.

Sumber : detik.com

Gambar : antaranews

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Surya Paloh: Anies Baswedan adalah yang Terbaik Sebagai Calon Pemimpin Negeri

Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan menjelang pendaftaran Anies Baswedan dan...

Doa Ibunda Anies Baswedan untuk Pasangan AMIN

Bacapres dan bacawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mengawali kegiatan...

Anies Baswedan Awali Pendaftaran Capres dengan Shalat Subuh Berjemaah Bersama Keluarga

Bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengawali hari pendaftaran calon presiden...

Anies Baswedan Dinilai Memiliki Keunggulan Diplomasi Luar Negeri Dibanding Bakal Capres Lainnya

Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa...